Kamis, 17 Februari 2011

Mencari Berbagai “Mimpi” Di Internet


Retno Arieswanti Hapsarini

Berdasarkan data APJII tahun 2010 pengguna Internet di Indonesia mencapai 45 juta orang. Sedangkan BOSTON mengeluarkan sebuah prediksi yang sangat mencengangkan bahwa jumlah pengguna internet di Indonesia dan empat negara lainnya Brazil, Russia, India, China diperkirakan akan meningkat dua kali lipat pada tahun 2015. Boston Consulting Group memprediksi jumlah pengguna internet di lima negara tersebut akan mencapai 1,2 miliar orang pada 2015. Wow, Sungguh fantastis bukan?



Internet Media Terbaik Mewujudkan Impian
Banyak orang yang telah berhasil menggapai impiannya melalui media internet. Barrack Obama bisa dijadikan sebagai contoh yang paling populer dan fenomenal. Siapa yang menyangka, anak  yang notabene memiliki darah kulit hitam, yang juga sempat menghabiskan beberapa tahun masa kecilnya di Indonesia ini sekarang telah menjadi orang nomor satu di Amerika. Seorang yang awalnya tidak begitu populer di masyarakat Amerika dapat mengalahkan politisi yang sangat terkenal John McCain, juga mantan ibu negara Amerika Hillary Clinton. Kampanye yang dilakukan Obama adalah dengan menggunakan internet. Membuat situs internet, melalui jejaring sosial seperti facebook, myspace dan jejaring sosial lainnya, bahkan membuat situs jejaring sosial sendiri yang bernama myBarrackObama.com atau disingkat MyBo.



Dari sinilah Obama mendapatkan banyak simpati publik. Bahkan dari situsnya, obama meraih dana kampanye sebesar 1 Milyar USD. Sebuah angka yang sangat besar, nilainya 12 kali dari dana yang diperolehnya sebelum menggunakan internet. Dari situs internet juga, Obama berhasil mendapatkan banyak relawan yang menunjang kampanyenya. Dan akhirnya, sungguh tidak diduga-duga, Obama berhasil mengalahkan Hilary clinton yang merupakan pesaingnya  dari internal partai Demokrat. Kemudian dengan dukungan dana yang sangat banyak, juga relawan, yang kesemuanya diperoleh melalui internet, Obama berhasil mengalahkan rivalnya dari partai Republik , John McCain. Obama pun menjadi persiden Amerika pertama yang berkulit hitam. Wow, sangat wonderfull bukan?
 
Barrack Obama

*****
Sementara dari dunia blogging ada cerita fenomenal tersendiri. Sudah banyak contoh sukses para blogger baik di dunia maupun di Indonesia yang semakin menginspirasi banyak orang untuk ikut berburu kesuksesan melalui media blog. Di dunia ada 20 nama blogger sukses dan kaya raya; Alborz Fallah--Blogger Sukses di Blog Mobil, Collis Ta’eed--Blogger Sukses Di Blog Tutorial, Darren Rowse--Blogger Sukses di Blog Make Money Blogging, Gary Vaynerchuk--Blogger Sukses di Blog Anggur, Harvey Levin--Blogger Sukses di Blog Gosip Selebriti, Heather B. Armstrong--Blogger Sukses di Blog Motivasi, Jake and Amir--Blogger Sukses di Blog Humor, Jeremy Schoemaker--Blogger Sukses di Blog Adsense, Josh Marshall--Blogger Sukses di Blog Humor, Lisa Stone--Blogger Sukses di Blog Wanita, Mario Lavandeira--Blogger Sukses di Blog Gosip Selebriti Holywood, Michelle Malkin--Blogger Sukses di Blog Kontroversi, Michael Arrington--Blogger Sukses di Blog Teknologi, Pete Cashmore--Blogger Sukses di Blog Situs Media Sosial, Robert Scoble--Blogger Sukses di Blog Training, Steve Pavlina--Blogger Sukses di Blog Make Money Online, Tim Ferriss--Blogger Sukses di Blog Motivasi, Timothy Sykes--Blogger Sukses di Blog Investasi, Tucker Max--Blogger Sukses di Blog Penakluk Wanita, dan Yaro Starak. Para blogger sukses ini rata-rata bisa mengantongi penghasilan puluhan ribu dollar setiap bulannya hanya dari iklan saja, belum lagi tambahan penghasilan lain yang merupakan imbas dari kepopuleran blog mereka. Sebuah penghasilan yang sangat fantastis!

Alborz Fallah

*****
Cerita lain berasal dari Justin Bieber bocah berusia 16 tahun yang tiba-tiba menjadi bintang top dunia. Berawal dari keisengan mengupload lagunya  di internet via situs streaming Youtube. Video itu telah ditonton lebih dari 300 juta kali. Sekarang dia telah menjelma menjadi penyanyi yang paling digandrungi para remaja di seluruh dunia. Namanya selalu menjadi topik hangat di media twitter. Setiap harinya didatangi lebih dari 9000 tweets, juga mendapatkan tak kurang 11.000 follower setiap harinya.

Justin Bieber

*****
Kisah yang hampir serupa dengan Justin Bieber terjadi pula di Indonesia. Gara-gara mengupload video lypsinc yang berjudul keong racun di internet, dua gadis yang biasa dipanggil Shinta-Jojo ini mendadak menjadi terkenal. Lagu Keong Racun yang semula biasa saja, tiba-tiba saja ikutan meledak di pasaran imbas kepopuleran Sinta-Jojo. Hampir semua orang, baik dewasa maupun anak-anak, menjadi gandrung dan hafal dengan lagu itu. Dan sekarang, Sinta-Jojo telah menjelma menjadi selebriti dadakan, menjadi bintang iklan, juga bintang tamu di berbagai acara TV. Bahkan, Sinta-Jojo telah berhasil mempunyai single lagu sendiri yang berjudul Tokek Belang gubahan Charly ST 12.

Sinta-Jojo

*****
Dalam dunia tulis-menulis, sesuatu yang fenomenal itu datang dari seorang Raditya Dika. Penulis yang sangat identik dengan “Kambing Jantannya”. Novel pertamanya yang dipublish di blognya itu berhasil membawa Dika menjadi penulis novel komedi populer dan selalu menjadi best seller. Kambing Jantan juga telah difilmkan. Selain itu, sebagai imbas kepopuleran blognya, pekerjaan sebagai penulis skenario, juga pembicara seminar-seminar penulisan, semakin menambah tebal pundi-pundi uangnya. Maka tidak salah jika kemudian Dika dijuluki dengan sebutan “From blogger to milyarder”.

Sebuah prestasi yang sangat luar biasa yang dimulai dengan mengeksplorasi bakat melalui media internet. Kesuksesan Dika sangat menginspirasi blogger-blogger lain. Sehingga tidaklah aneh, dalam setiap seminarnya selalu saja diikuti dengan antusias olah para blogger. Saat awal menulis blog, Dika tidak pernah membayangkan semuanya akan sedahsyat sekarang. Dan yang paling terpenting adalah Raditya Dika telah menyihir banyak orang untuk bisa menulis atau menjadi seorang penulis.

Raditya Dika

*****
Kesuksesan yang dialami oleh Obama, para blogger kaya raya (level dunia), Justin Bieber, Sinta-Jojo, Raditya Dika, merupakan sebuah bukti bahwa manakala bisa menggunakan media internet dengan maksimal, impian semustahil apapun bisa tergenggam. Kesuksesan dalam dunia politik, pendapatan fantastis, popularitas yang mungkin sulit didongkrak karena keterbatasan dana, jaringan dan koneksi, dapat diraih dengan lebih mudah.

Internet dan Gaya Hidup
Dunia tempat kita hidup ini terus mengalami perubahan dari waktu ke waktu mengikuti berubahnya prioritas kebutuhan hidup manusia. Suatu kedinamisan yang menjadi sebuah keniscayaan. Belakangan ini banyak sekali perubahan dalam bidang teknologi informasi, demikian juga di bidang telekomunikasi. Di era ini kita selalu dituntut ekstra cepat. Dan internet menjadi salah satu solusinya. Update berita terbaru, belanja online, bisnis online, info lapangan pekerjaan, bisa kita dapatkan dengan mudah di internet.

Menarik, mudah dan cepat, itulah alasan signifikan kenapa banyak orang memilih internet.  Ketiga alasan itulah yang telah membuat internet mewabah kemana-mana. Internet telah berhasil merubah pola gaya hidup manusia. Gaya hidup yang bersifat “search point” dan “click and get” di Internet tidak bisa dibendung, demikian juga dengan pesatnya telekomunikasi teknologi dengan cellphone. Dulu, orang menggunakan sms atau telpon sebagai sarana berkomunikasi. Sekarang, semua justru cenderung lebih memilih acount jejaring sosial. Komunikasi bisa dilakukan di sela-sela aktifitas saling koment update status.

Seiring berkembang pesatnya dunia internet, ebusiness mulai lahir dan bermunculan. Business to consumer. Memasarkan barang secara online. Metode ini benar-benar mempermudah konsumen. Tidak harus repot jalan jauh-jauh hanya untuk hunting barang yang ingin dibeli, tinggal duduk manis di depan notebook semua urusan belanja beres. Www.Bhinneka.Com adalah salah satu ebusiness sukses di Indonesia. Telah berhasil menjadi onlineshop elektronik nomor satu. Barang yang ditawarkan banyak dan beragam, harganya pun sangat pas di dompet.


Pola membaca masyarakat juga turut mengalami perubahan sedikit demi sedikit. Dulu, membaca surat kabar di pagi hari menjadi kebiasaan rutin. Sekarang, sudah mulai beralih pada online newspaper. Berita-berita terkini bisa diupdate dengan cepat dan mudah lewat internet. Sumber beritanya pun lebih beragam.

Masih banyak hal lain yang bisa kita akses melalui internet. Medical Advice online servis, urusan perbankan, akses materi untuk dunia pendidikan, dll. Kesemuanya benar-benar mempermudah aktifitas keseharian manusia. Internet seperti magic bisa menyulap apapun, “mimpi” apa saja internet bisa mewujudkannya, mau apa saja internet bisa menyediakannya. Thanks You Internet! You are our the best partner forever. (Tulisan ini sedang diikutsertakan dalam www.bhinneka.com Blog Competition)



6 komentar: